Rabu, 04 Juni 2014

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja dan Belajar

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja dan Belajar - Mengantuk adalah hal yang cukup berat kita hindari saat kita mengalaminya, apalagi mengantuk disaat waktu beraktivitas kita sangat padat, seperti pekerjaan menumpuk, atau anda sedang berkendara. Jika hal demikian terjadi pada diri kita, tentunya menjadi persoalan yang cukup mengganggu, sebab aktivitas sehari-hari yang harus kita selesaikan bisa jadi tertunda dan berbahaya bagi keselamatan kita saat berkendara dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

Selain contoh kasus di atas, kita juga sering mendapati atau bahkan mengalami sendiri mengantuk saat belajar, atau bangun dipagi hari untuk melaksanakan shalat subuh misalnya atau kegiatan lainnya yang mengharuskan kita bangun pagi. Nah untuk itu, kali saya akan share artikel tentang cara menghilangkan ngantuk saat bekerja dan belajar. Silahkan anda simak dan semoga bisa membantu mengatasi masalah anda melawan rasa ngantuk.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja dan Belajar

Cara Menghilangkan Ngantuk

Berikut ini secara ringkas saya uraikan tips cara menghilangkan rasa ngantuk sesuai kondisi yang biasa kita alami.

Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Ngantuk di pagi hari yang biasanya terjadi saat anda akan bangun untuk shalat subuh. Untuk mengatasi masalah ngantuk yang seperti ini, sebaiknya anda luruskan niat. Niat untuk menghadap Tuhan, dan pikirkan saja bahwa shalat ini atau kegiatan apapun yang harus anda lakukan, itu adalah kewajiban. Orang yang betul-betul memiliki niat yang lurus pasti tidak akan merasakan ngantuk seperti ini. Selain itu untuk menghidari rasa ngantuk dipagi hari, usahakan untuk tidur yang cukup. Sebab kurang tidur juga menjadi faktor penyebab anda untuk malas bangun pagi.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja

  • Saat bekerja selingilah dengan meminum minuman berkafein seperti kopi atau teh, sehingga bisa membantu anda lebih rileks dalam bekerja.
  • Jalan-jalan sebentar, maksudnya anda tinggalkan meja kerja anda untuk sementara dan keluar dari ruangan untuk jalan-jalan hingga rasa kantuk anda hilang. Anda bisa sekalian mencuci muka dan minum air putih agar lebih efektif menghilangkan kantuk Anda.
  • Renggangkan otot anda dengan olahraga ringan, cobalah beranjak sejenak dari kursi Anda, tarik napas secara teratur dan lakukan gerakan olahraga ringan, selain membantu menghilangkan kantuk anda juga akan membuat otot anda lebih rileks setelah seharian duduk untuk bekerja.
  • Mengajak teman kerja mengobrol beberapa saat hingga rasa ngantuk anda hilang, mengobrol cukup efektif menghilangkan ngantuk secara seketika, jadi jika anda mengantuk saat bekerja cobalah untuk mengobrol dengan teman kerja yang seruagan dengan anda. Mengobrolah dengan lelucon-lelucon lucu yang bisa membuat anda tertawa. Dengan cara seperti itu rasa kantuk anda akan hilang seketika.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar

Waktu belajar adalah waktu paling mudah bagi kita untuk merasa mengantuk. Mungkin ini disebabkan karena anda merasa dongkol dengan apa yang anda hadapi, karena belajar merupakan aktivitas yang bisa dikatakan monoton, mempelajari itu-itu saja sehingga membuat kita merasa bosan dan akhir merasa ngantuk. Jika demikian, sebaiknya anda merubah pola belajar anda. Belajarlah dengan cara yang lebih menyenangkan dan jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk belajar. Anda juga bisa menerapkan tips-tips di atas pada waktu anda belajar. Untuk lebih lengkapnya tentang cara belajar yang baik anda bisa baca pada artikel Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara menghilangkan ngantuk saat bekerja dan belajar. semoga bermanfaat buat anda. Terima Kasih!
Back To Top