Selasa, 13 Mei 2014

Cara Belajar Yang Efektif Dan Efisien

Cara Belajar Yang Efektif dan EfisienBelajar mendukung pelajar sukses dibangku sekolah atau kuliah terlebih lagi saat ujian. Jika kamu kurang belajar maka kemungkinan besar kamu akan kesulitan saat di sekolah atau di kampus dan hasil ujian kamu jadi kurang memuaskan. Dengan belajar kita akan lebih cepat paham dengan pelajar yang diajarkan di sekolah atau di ruang kuliah serta dapat melewati ujian dengan baik. Tapi banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien itu.

Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien

Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien

Berikut ini Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien
  • Buatlah Suasana Belajar yang Nyaman: Yang perlu kamu lakukan pertama yaitu bagaimana cara membangun suasana belajar yang nyaman. Ada banyak cara untuk membuat mood belajar itu muncul, misalnya : belajar sambil mendengarkan musik, belajar pada tempat-tempat yang nyaman misalnya di taman atau di pinggir danau, atau diruangan ber AC.
  • Merangkum Pokok Pembelajaran yang akan dipelajari: Mencatat pokok-pokok pembelajaran. Kenapa? Sebab jika kamu membaca 1 buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan apalagi jika kamu belajar menggunakan lebih dari satu buku. Maka dari itu, Ambilah intisari dari pelajar tersebut. misalnya, mencatat ulang materinya, disamping kita akan mudah mengingatnya juga mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut.
  • Belajar Bersama-sama: Cara belajar seperti ini seringkali di anggap sebagi cara belajar yang paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok, kamu bisa lebih santai, otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran atau materi yg akan di serap. Selain itu, hal-hal yg belum diketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama. Sehingga sangat dianjurkan untuk belajar bersama agar lebih efektif dan efisien.
  • Mempersingkat atau memodifikasi Materi Pelajaran Menyerupai Nama Sesuatu: Cara belajar ini yang paling baik kamu gunankan apalagi saat menjelang ujian. jika kamu tidak terlalu bisa dalam menghafal, kamu bisa akali dengan menggunakan nama-nama yang hampir mirip untuk mengingat materi yang kamu pelajari. Ini sangat efektif digunakan dan otakpun mudah mengingatnya.
  • Belajar dengan Praktik: Belajar sambil praktek adalah cara belajar yang sangat efektif. Yap, Cara belajar ini juga akan membuat kamu tak merasa bosan, jenuh. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kamu bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan itu kamu bisa membuat waktu belajar kamu jadi lebih asyik.
  • Belajar yang Rutin Tapi Jangan Lama: Dengan belajar secara rutin kamu akan semakin mudah untuk mengingat hal yang sudah kamu pelajari. yang perlu kamu lakukan adalah belajar rutin bukan Terlalu lama belajar. misalnya, belajar di pagi hari 45 menit, siang 25 menit, sore 45 menit, dan malam 1 jam. Cara ini sangat efektif dan otak juga akan tetap dalam keadaan rileks daripada harus belajar terlalu lama.
  • Mengerti Bukan Menghafal: Yap, hal yang paling sering dilakukan oleh siswa atapun mahasiswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghafal betul kan?. Sebenarnya hal itu tidak salah cuman kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah mengerti teorinya maka dengan sendirinya akan kita ingat ketika ujian. Kalau kamu belajar masih dengan cara menghafal, sangat disarankan untuk pindah ke cara belajar dengan memahami materi.

Itulah beberapa cara belajar yang efektif dan efisien yang bisa kamu terapkan, semoga bermanfaat. Baca Juga: Nama Ilmiah Hewan dan Tumbuhan
Back To Top