Sabtu, 17 Mei 2014

Penyakit Lupus dan Pengobatannya

Penyakit Lupus dan Pengobatannya - Pada Postingan kali ini Blog Awalzhye akan mencoba memberikan informasi dan mengajak pembaca lebih mengenal penyakit lupus dan cara pengobatannya. Mungkin beberapa orang belum tahu banyak tentang penyakit ini atau bahkan belum pernah mendengar nama penyakit lupus ini sama sekali. Informasi yang disajikan pada artikel ini saya ambil dan rangkum dari berbagai situs maupun sumber lainnya. 

Penyakit Lupus adalah salah satu penyakit yang dikenal mematikan. Penyakit ini bisa dianggap sebanding dengan penyakit Kanker, banyak orang yang mengidap penyakit ini berakhir dengan kematian. Penyakit Lupus bekerja dengan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia secara berlebihan, yang mengakibatkan terganggunya kesehatan tubuh para orang yang terkena penyakit ini. Istilah Lupus sendiri berasal dari bahasa latin "Lupus" yang jika diartikan dalam bahasa kita berarti “anjing hutan” atau adapula yang menyebutkan "srigala".

Penyakit Lupus dan Pengobatannya

Penyakit Lupus dan Pengobatannya

Faktor-Faktor Penyebab Penyakit Lupus

Hingga kini belum diketahui secara pasti faktor penyebab seseorang terserang penyakit ini, Namun Kondisi lingkungan, faktor genetik, dan hormon diduga sebagai pemicunya. 

Ciri-Ciri Penyakit Lupus

  1. Penderita penyakit Lupus akan mengalami kesulitan saat bernapas jika penyakit ini menyerang pada dada penderita.
  2. Penderita penyakit ini awalnya seperti mempunyai kelainan kulit, seperti kemerahan di sekitar hidung dan pipi. 
  3. Menimbulkan bercak-bercak merah pada bagian wajah dan lengan.
  4. Penderita akan mengalami kerontokkan rambut, bengkak pada persendian, sariawan dan merasa panas dan lelah yang berkepanjangan.
  5. Penyakit Lupus tidak hanya menyerang kulit penderita, tetapi juga bisa menyerang hampir ke seluruh organ dalam tubuh penderita.

Gejala-Gejala Penyakit Lupus

  1. Pada umumnya gejala yang ditimbulkan pada penderita yaitu, demam pegal-pegal, merasa lemah dan lelah yang berlebihan.
  2. Gangguan pada pencernakan dan kulit si penderita, serta akan mudah gosong apabila terkena sinar matahari secara berlebihan.
  3. Sel-sel darah merah akan hancur apabila mengidap penyakit ini sehingga penderita akan mengalami anemia.
  4. Akan muncul ruam merah yang membentang di kedua kulit dan pipi penderita yang mirip kupu-kupu. serta ruam merah yang hampir menyerupai cakram dapat muncul pada kulit seluruh tubuh penderita.

Jenis Penyakit Lupus

  1. Cutaneus : Disebut juga sebagai discoid yang mempengaruhi kulit.
  2. Systemic Lupus Erythematous (SLE) : menyerang organ tubuh seperti persendian, darah, paru-paru, kulit, jantung, ginjal, hati, otak dan syaraf.
  3. Drug Induced Lupus (DIL), biasanya timbul karena pengkonsumsian obat-obat tertentu, namun apabila pemakaian obat dihentikan maka gejala akan hilang.

Penyakit Lupus dan Pengobatannya

Mengingat Penyakit Lupus merupakan penyakit yang sangat beresiko, maka disarankan untuk sesegera mungkin diatasi. Selain pengobatan dokter, alternatif lain untuk pengobatan penyakit ini dapat menggunakan tanaman herbal yang ada disekitar kita. diantaranya: Kunyit, Green tea, Biji nangka, ketela rambat, Daun cocor bebek, Daun songgolangit, Daun belimbing waluh. Selain itu alternatif lainnya yang lebih mudah adalah dengan membeli obat-obat herbal yang cocok untuk pengobatan penyakit ini. Jika ingin menggunakan tanaman herbal atau obat-obatan herbal alangkah baiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mencobanya.

Demikian uraian tentang Penyakit Lupus dan Pengobatannya, Semoga bermanfaat! Jika anda punya saran atau informasi tambahan tentang penyakit ini silahkan tinggalkan komentar anda. Terima kasih.
Back To Top