Kamis, 05 Juni 2014

Makanan Pembakar Lemak Yang Baik Untuk Tubuh

Makanan Pembakar Lemak Yang Baik Untuk Tubuh - Mungkin anda berfikir bahwa semua jenis makanan yang kita konsumsi hanya akan menambah lemak dalam tubuh entah itu lemak paha atau lemak perut. Namun sebenarnya ada juga makanan yang dapat membantu membakar lemak yang ada dalam tubuh kita. Dalam sebuah buku Makanan Pembakar Lemak yang ditulis oleh dr. Caroline, buah, sayuran segar, daging, ikan dan daging unggas dapat dikombinasikan menjadi resep-resep yang dapat dinikmati secara normal untuk mempercepat kemampuan tubuh membakar lemak.

Contoh Makanan Pembakar lemak yaitu makanan yang mengandung protein tinggi. Protein mampu meningkatkan metabolisme tubuh, menciptakan panas, serta membakar lebih banyak kalori daripada karbohidrat dan lemak. Selain itu sumber-sumber karbohidrat tertentu juga dapat membantu mencerna makanan bukan hanya menyimpannya sebagai lemak.
Makanan Pembakar Lemak

Makanan Pembakar Lemak

Berikut ini kriteria makanan pembakar lemak yang dapat membantu anda melakukan diet secara alami.

Makanan Berkalori Negatif
Kombinasi makanan tertentu seperti protein dan makanan berkalori negatif dapat digunakan untuk mengubah simpanan lemak menjadi energi. Kalori yang berlebih dapat membakar lemak dalam tubuh misalnya seporsi buah-buahan ringan memberikan 300 kalori yang kemudian terbagi menjadi 100 kalori digunakan dalam pencernaan dan penyerapan sehingga ada 200 kalori yang ditambahkan ke asupan kalori dalam satu hari. Proses metabolisme tubuh tiap orang berbeda, ada yang cepat dan ada yang lambat. Seseorang yang memiliki masalah metabolisme dapat menyebabkan berat badan yang berlebihan. Untuk membantu proses metabolisme dalam membakar lemak selama 24 jam sehari konsumsi oksigen perlu ditingkatkan, selain itu barengi dengan latihan seperti jalan cepat, bersepeda, atau berenang serta melakukan latihan pernapasan yang lainnya. Contoh makanan kalori negatif yakni sayuran, buah dan kacang-kacangan.

Makanan Berkarbohidrat dengan Indeks Glikemik Rendah
Makanan karbohidrat dengan indeks glikemik rendah berperan dalam penggunaan energi dan pembakaran lemak. Karbohidrat tinggi akan lenyap jika diet tersebut disusun dari makanan-makanan dengan indeks glikemik rendah yang kaya serat. Beberapa penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi makanan kaya karbohidrat dengan indeks glukosa rendah akan menghasilkan kadar glukosa darah rendah juga. Hal ini akan membuat lebih banyak lemak yang dibakar oleh tubuh. Contoh makanan dengan indeks glikemik rendah yaitu roti gandum, beras merah, pasta gandum, ubi, jamur, brokoli,apel, pri, jeruk, pisang, madu, selai dan susu kedelai.

Makanan dengan Kandungan Lemak Tak Jenuh
Sumber utama lemak tak jenuh tunggal adalah minyak zaitun, minyak omega-3 lemak tak jenuh ganda pada ikan, makanan laut, sayuran berdaun hijau dan minyak walnut. Semua sumber tersebut akan menurunkan lemak tidak sehat dalam darah dan membantu mencegah serangan jantung.

Makanan dengan Kandungan Yodium dan Kromium
Yodium dibutuhkan oleh kelenjar tiroid agar bisa berfungsi normal. kelenjar tesebut mengontrol metabolisme tubuh. kekurangan yodium dapat menyebabkan berkurangnya aktivitas tiroid sehingga memperlambat proses metabolisme dan menyebabkan peningkatan berat badan. Sedangkan Kromium diperlukan tubuh untuk membantu menangani karbohidrat dan lemak dalam makanan. Jika dikombinasikan dengan asam nikotinat vitamin B dan triptofan atau sejenis asam amino lainnya maka dapat menurunkan kadar insulin dan mendorong penyebaran glukosa darah ke jaringan tubuh. Sumber yodium berasal dari rumput laut, ikan laut, tumbuhan laut dan makanan laut launnya, sedangkan kromium berada pada ragi birm tiram, daging sapi, produk gandum, kentang dan hati.

Daftar Makanan Pembakar Lemak

Berikut ini beberapa bahan makanan yang sesuai dengan kriteria yang telah diuraikan di atas.
  • Tahu
  • Telur
  • Brokoli
  • Teh Hijau
  • kayu Manis
  • Kacang Almond
  • Buah Apel dan Jeruk
Demikianlah artikel tentang makan pembakar lemak yang baik untuk tubuh, semoga bisa memberikan manfaat buat Anda yang ingin menurunkan berat badan. Terima Kasih!
Back To Top