Jumat, 23 Mei 2014

Rumah Adat Papua Barat Khas Dari Papua

Rumah Adat Papua Barat - Irian Jaya yang kini kita kenal dengan Papua, memiliki banyak keunikan tersendiri. Selain pesona alam yang indah, Papua juga terkenal dengan berbagai ragam suku dan penduduk asli. Serta tak kalah uniknya adalah rumah ada yang  ada di Papua. Berbicara Soal Rumah Adat Papua, pada artikel kali ini Blog Awalzhye akan mengulas salah satu rumah adat yang ada di Papua yaitu rumah adat papua barat.

Raja Ampat adalah ibu kota kabupaten yang terletak di Provinsi Papua Barat yang merupakan pemekaran dari Provinsi Papua. Raja Ampat merupakan kota primadona bagi para peselam karena taman Lautnya yang indah. Meskipun penduduk Ibu Kota Provinsi Papua dikenal dengan penduduk agraris yaitu masyarakat yang mata pencaharian utamanya adalah bertani, Namun mata pencaharian penduduk di Papua Barat cenderung bercorak maritim, jadi Tidak heran kalau penduduk di Papua Barat membangun rumah adat berupa rumah panggung yang mencerminkan kehidupan mereka disana sebagai nelayan. Berikut ini gambar Rumah Adat Papua Barat.

Rumah Adat Papua Barat

Rumah Adat Papua Barat yang asli

Rumah Adat Papua Barat

Rumah Adat Papua Barat yang dibangun sebagai objek wisata di TMII

Rumah adat tersebut dikenal dengan nama Mod Aki Aksa yang artinya rumah kaki seribu. Rumah tersebut disebut rumah kaki seribu karena memiliki banyak sekali tiang penyangga. Umumnya rumah ini terdiri dari satu lantai yang terbuat dari kayu, atap dibuat dari daun sagu atau jerami. Umumnya Tiang-tiang penyangga rumah ini, diberi ukiran serta dilengkapi patung nenek moyang sebagai penghalau kekuatan jahat menurut adat dan kepercayaan masyarakat disana.

Rumah Adat Papua Barat

Patung yang biasa diletakkan di dekat tiang penyangga rumah

Saat ini, Rumah Adat Papua Barat tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal suku asli, tetapi juga dijadikan sebagai obyek wisata yang menarik wisatawan. Di Taman Mini Indonesia, sudah dibangun Rumah Adat Papua Barat, menggunakan dua lantai, meskipun aslinya hanya menggunakan satu lantai. Jadi Kalau anda tertarik melihat secara langsung rumah adat tersebut anda tidak harus jauh-jauh datang ke Papua, anda bisa pergi ke TMII, selain bisa melihat rumah adatnya, anda juga bisa melihat pakaian adat Papua Barat, wisata unggulan dan kerajinan khas Papua seperti ukiran, patung, koteka dan lain-lain.

Demikianlah artikel tentang Rumah Adat Papua Barat semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda, dan terima kasih atas kunjungannya.
Back To Top