Sabtu, 20 September 2014

Cara Membuat Nugget Tempe Enak Sederhana dan Ekonomis

Menurut berbagai Sumber, Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".

Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai pada fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma khas. Berbeda dengan tahu, tempe terasa agak masam. Tempe banyak dikonsumsi Masyarakat di Indonesia dan telah mendunia. Kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging.

Nah pada kesempatan  ini saya ingin berbagi kepada para Ibunda dan pengunjung Blog Awalzhye yang setia. Kita ketahui Tempe tidak hanya dapat di nikmati sebagai cemilan tanpa olahan apapun, tetapi juga bisa dinikmati sebagai lauk yang lebih nikmat lagi. Khususnya untuk para bunda yang memiliki buah hati yang suka nugget ayam bisa mencoba untuk mengganti bahan dasarnya menjadi tempe khususnya pula untuk sang buah hati yang tidak suka dengan sayur-sayuran. Tempe sangat dianjurkan oleh para dokter untuk di konsumsi karena terbuat dari kacang-kacangan dimana kita ketahui bahwa kandungan pada kacang-kacangan begitu baik untuk tubuh.

Cara Membuat Nugget Tempe Enak

Cara Membuat Nugget Tempe Enak


Langsung saja berikut ini saya uraikan resep cara membuat nugget tempe enak yang cukup mudah anda ikuti. Silahkan disimak!
  1. 500 gram tempe, kukus terlebih dahulu kemudian haluskan
  2. Tepung terigu secukupnya
  3. 2 butir telur
  4. 2 siung bawang putih haluskan
  5. ½  sendok teh Garam (secukupnya) 
  6. 1/2 sendok teh merica bubuk (secukupnya)
  7. 1 batang daun bawang (cincang halus)
  8. 25 gram tepung roti
Cara Membuat Nugget Tempe
  1. Campur tempe yang dihaluskan, tepung terigu, telur, daun bawang dan juga bawang putih halus.
  2. Kemudian tambahkan merica bubuk, garam, lalu aduk hingga merata. 
  3. Masukkan adonan dalam loyang yang sebelumnya loyang tersebut telah diberi minyak dan dialasi plastik.
  4. Kukus adonan selama 20 menit.
  5. Setelah di kukus, potong-potong sesuai selera
  6. Lumuri  tepung roti selagi panas
  7. Rapikan/susun kembali setelah di lumuri tepung roti lalu masukkan kedalam frizer 
  8. Nugget tempe siap di goreng.
Catatan/Tips.
Buat bunda yang buah hatinya ingin di buat lebih tertarik dengan nugget tempenya bisa di buat dengan potongan/cetakan yang berkarakter setelah di kukus sebelum di potong.

Demikianlah artikel yang bisa saya share kali ini tentang cara membuat nugget tempe enak, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi ibu-ibu di rumah. Selamat Mencoba!
Back To Top