Sabtu, 07 Juni 2014

Cara Membuat Pepes Tahu Enak

Cara Membuat Pepes Tahu Enak - Tahu merupakan bahan makanan yang cukup banyak digemari oleh para penikmat resep makanan nusantara. Menurut yang dilansir Wikipedia Tahu adalah makanan yang berasal dari Tiongkok dan telah dikenal sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun yang lalu. Tahu dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang difermentasi. Nama "tahu" merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) yang secara harfiah berarti "kedelai terfermentasi". Di Indonesia tahu biasa dijadikan lauk dan di santap bersama dengan nasi.

Ada berbagai macam olahan makanan dengan bahan dasar tahu, diantaranya Pepes Tahu. Nah untuk itu, kali ini saya akan share artikel kuliner tentang cara membuat pepes tahu enak.

Cara Membuat Pepes Tahu Enak

Cara Membuat Pepes Tahu Enak

Langsung saja berikut ini saya uraikan resep pepes tahu enak yang cukup mudah anda ikuti. Silahkan disimak!

Bahan Pepes Tahu

10 Potong tahu berukuran kecil
1 Biji telur ayam
3 sendok makan minyak goreng
400 ml air untuk rebusan
daun pisang untuk membungkus
lidi untuk menyemat

Bumbu Pepes Tahu

1 sendok teh garam
2 batang daun bawang yang sudah cincang
2 buah cabai merah yang sudah iris
2 butir bawang merah yang sudah cincang
2 siung bawang putih yang sudah cincang
Setengah sendok teh merica
Setengah sendok teh penyedap
Setengah sendok teh ketumbar bubuk

Cara Membuat Pepes Tahu

  • Pertama-tama Kocok telur, lalu masukkan semua bahan dan bumbu yang sudah diolah di atas dan aduk hingga rata. Masukkan tahu bubuk, aduk hingga tercampur rata.
  • Ambil 1 lembar daun pisang, letakkan adonan secukupnya lalu bungkus dan tusukkan dengan lidi di kedua ujungnya.
  • Rebus air hingga mendidih pada wajan yang dicampur sedikit minyak, masukkan bungkusan tahu lalu tutup wajan dan rebus hingga air kering, angkat.
  • Setelah direbus hingga kering, selanjutnya Bakar pepes sebentar di atas wajan anti lengket hingga daun pisang berubah warna lalu balik, angkat dan sajikan.

Nah demikianlah cara membuat pepes tahu yang bisa saya share kepada anda. Selamat mencoba dan terima kasih atas kunjungan anda!
Back To Top