Jumat, 09 Mei 2014

Manfaat Ubi Jalar

Manfaat Ubi Jalar - Tanaman Jenis Umbi ini mengandung berbagai nutrisi yang dapat memberi kita manfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi dalam ubi jalar seperti Vitamin A, C dan E, beta karoten, magnesium, kalium dan kaya oksidan. Kita bisa menemukan banyak jenis ubi, tetapi biasanya kita tahu jenis ubi itu adalah oranye, putih, kuning, merah dan warna ungu. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh Potato North Carolina Sweet Commission, dari 58 jenis sayuran yang diteliti, ditemukan bahwa ubi jalar adalah makanan terbaik dalam daftar. Ubi jalar adalah makanan dengan rasa manis bebas lemak dan mengandung 769% dari nilai harian vitamin A dan 65% vitamin C dalam satu porsi (sekitar satu cangkir).

Manfaat Ubi Jalar

Manfaat Ubi Jalar

Ubi jalar dapat dikonsumsi hampir oleh semua usia. Makanan dengan bahan dasar ubi jalar cukup aman untuk disajikan kepada bayi yang lebih tua dari 6 bulan. Kandungan serat yang tinggi dalam ubi jalar, juga membantu bayi pencernaan awal dengan mulus transisi ke makanan padat. Ubi jalar mengandung jumlah tinggi beta karoten, yang merupakan antioksidan alami yang dapat membantu untuk meningkatkan pertahanan kuat tubuh terhadap radikal bebas dan penyakit. Ubi jalar juga mengandung Vitamin C, Vitamin B dan fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi. Isinya, membuat ubi jalar menjadi alat yang ampuh melawan infeksi.

Selain buahnya yang bisa dijadikan sebagai makan pokok dan cemilan disaat bersantai, ternyata masih banyak manfaat ubi jalar yang sangat baik untuk kesehatan kita. Daun ubi jalar juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia dan untuk dijadikan sebagai obat tradisional. Daun ubi jalar dipercaya mampu mengobati: Demam berdarah, Diabetes, Bisulan dan Cacingan, Susah buang air besar, Kekebalan tubuh dan Rabun ayam, Peradangan dan Kanker, Radang lambung, Diabetes dan Bronchiti, Penambahan berat badan, Sakit tenggorokan,, Diabetes melitus (kencing manis)

Berikut beberapa manfaat daun ubi jalar untuk dijadikan herbal atau obat tradisional serta cara meramunya: 
Bisul: Ambil 10 gr daun ubi jalar yang masih segar ditumbuk sampai lumat lalu ditempelkan pada bisul.
Demam berdarah: Satu ikat daun ubi jalar direbus dengan satu liter air, setelah dingin, saring dan minum air rebusan sebagai pengganti air minum kira-kira satu liter setiap hari.
Mabuk perjalanan:  Ambil ubi jalar mentah secukupnya, cuci hingga bersih, dan makanlah sedikit demi sedikit selama dalam perjalanan.
Cacingan dan susah buang air besar:  Daun ubi jalar dijus lalu diminum, dapat juga dilakukan dengan merebus daun ubi jalar dan meminum air rebusannya.

Itulah manfaat ubi jalar yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. 
Back To Top