Senin, 12 Mei 2014

Cara Menghapus Autorun.inf dengan Mudah dan Cepat

Cara Menghapus Autorun.inf - Pada postingan kali ini, saya akan mengulas tentang cara menghapus Autorun.inf. Perlu anda ketahui, file Autorun.inf merupakan file yang memuat konfigurasi autorun (auto execute) yang digunakan pada sistem operasi berbasis Windows. Tapi, seiring berjalannya waktu banyak pihak-pihak yang memanfaatkan kelemahan dari fungsi Autorun.inf ini untuk menyusupkan berbagai macam virus atau script jahat ke dalam komputer kita. Pada Akhirnya muncullah jenis virus Autorun.inf di komputer kesayangan anda. Biasanya, File Autorun.inf ini sering muncul pada flashdisk, dimana flashdisk merupakan tempat penyimpanan data yang cukup rawan untuk terkena virus.

Cara Menghapus Autorun.inf

Cara Menghapus Autorun.inf

Mengapa perlu dihapus, karena seperti yang telah dijelaskan di atas file Autorun.inf sangat mudah dimasuki virus jika berada dalam hardisk atau flashdisk anda. Kita asumsikan bahwa terdapat folder Autorun.inf. Saat flashdisk anda di colokkan pada komputer yang bervirus maka otomatis flashdisk anda akan langsung terkena virus.

Cara Menghapus Autorun.inf ini tidak bisa dengan hanya menghapus file seperti biasa karena file Autorun.inf ini bisa datang kembali. Nah berikut ini cara Cara Menghapus Autorun.inf:

Boot atau nyalakan komputer dengan mode Safemode (Tekan F8 secara terus-menerus saat komputer dinyalakan).
  1. Jalankan aplikasi Command Prompt (Start > Run > cmd.exe) Bisa juga (Start > All Programs > Accessories > Command Prompt)
  2. Ketikkan drive USB tersebut (misalnya E:) kemudian tekan Enter
  3. Ketikkan ATTRIB -R -A -S -H Autorun.inf, kemudian tekan Enter
  4. Ketikkan DEL Autorun.inf, kemudian tekan Enter
  5. Setelah selesai, komputer dapat di Restart dalam mode Normal.
Penjelasan:

ATTRIB yaitu modul yang dipergunakan untuk mengubah atribut sebuah file.
R yaitu perintah untuk menghilangkan mode “Read Only”
A yaitu perintah untuk menghilangkan mode “Archive”
S yaitu perintah untuk menghilangkan mode “System”
H yaitu perintah untuk menghilangkan mode “Hidden”
DEL Merupakan kode perintah untuk menghapus file

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara menghapus Autorun.inf semoga dapat membantu anda membersihkan virus dari komputer kesayangan anda.
Back To Top