Minggu, 05 Januari 2014

Kopi Aceh Menawarkan Cita Rasa Kopi Arabika Yang Khas

Kopi Aceh - Lagi otak-atik blog sambil minum kopi... iseng-iseng saya coba cari-cari info tentang kopi, dan saya menemukan salah satunya yang terkenal, gak tau juga sih pastinya, cuma dari hasil nyari info di internet tentang kopi yang saya dapat kopi ini cukup terkenal. Yah... Kopi Aceh, kopi khas Aceh yang katanya adalah keharusan yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda berkunjung ke Nanggroe Aceh Darussalam. Kopi Aceh sangat spesial rasanya karena Anda tidak akan menemukan kopi senikmat Kopi Aceh di daerah manapun di Indonesia. (ssst.. bukan saya yah yang bilang yah :p).

Kopi Aceh

Kopi Aceh

Terkenal dengan biji kopi Arabikanya, Aceh memberikan kontribusi sebesar 40% dari produksi kopi Indonesia. Teknik membuat secangkir kopi di kedai kopi di Aceh tidak ada duanya. Para barista di sini tidak pernah pergi ke pelatihan khusus untuk belajar cara menyajikan secangkir kopi. Cara penyajian kopi di Aceh berbeda dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Di sini, kopi diseduh melalui beberapa penyaringan sampai pada kekentalan yang diinginkan sehingga membuat kopi lebih harum, nikmat dan memiliki efek rasa yang kuat.

Saat ini di Aceh banyak warung kopi tersebar di Banda Aceh dan di kota lainnya, seperti Lhokseumawe dan Takengon. Bahkan banyak yang menyebut Aceh sebagai Negeri Seribu Warung Kopi. Kebiasaan minum kopi di Banda Aceh dan sekitarnya sudah mengakar di kalangan masyarakat sejak masa Kesultanan Aceh. Di Banda Aceh banyak bertebaran warung kopi bahkan banyak yang menyebut Aceh sebagai Negeri Seribu Warung Kopi. Kebiasaan minum kopi di Banda Aceh dan sekitarnya sudah mengakar di masyarakat terutama dari fakta sejarah mengenai komunikasi yang intens antara Kesultanan Aceh dan Kesultanan Ottoman di Turki. Warung kopi tradisional di Aceh awalnya adalah minuman kopi yang direbus lalu menggunakan saringan saat hendak disajikan. Fasilitasnya tak lebih dari meja dan kursi. Warung kopi tradisional digolongkan sebagai generasi pertama. Generasi kedua adalah warung kopi yang dikembangkan dengan waralaba. Generasi ketiga adalah warung kopi yang memberi fasilitas tak hanya minuman dan makanan, tetapi juga musik, televisi satelit, dan akses internet, nah ini yang cocok buat para blogger ngopi sambil blogging. asik banget kan? apalagi klo sambil minum Kopi Aceh yang terkenal kenikmatannya.

Berikut ini beberapa tempat untuk Anda mencicipi kenikmatan kopi Tanah Rencong yang telah banyak dikunjungi masyarakat Banda Aceh atau dari kota lain di Indonesia, bahkan juga dari luar negeri.
  1. Dhapu Kupi Banda Aceh tidak jauh dari Mesjid Baiturrahman dan Bandara Iskandar Muda.
  2. Warkop Solong di Ulee Kareng, Lampenurut, dan di beberapa tempat lainnya di Banda Aceh yang merupakan cabangnya. Warung Kopi ini memiliki konsumen yang menyukai kopi yang sedikit lebih kuat aromanya dari kopi biasa.
  3. Ring Road Coffee di stasiun bus Banda Aceh yang paling meriah dari semua yang ada karena di sini para pemuda sering duduk minum kopi.
  4. Tower Kopi di depan Taman Sari Banda Aceh adalah tempat berkumpulnya masyarakat kota untuk duduk di luar ruang dan menghadap meja dengan kehangatan kopi kuat Aceh yang harum.
  5. Coffee Bay yang terletak di Ule Lheue kea rah pelabuhan sangat populer bagi para pelancong yang menginginkan rasa kopi Aceh sebelum menyebrang ke Pulau Weh.
Demikian Artikel ini saya buat, bagi anda yang ingin berkunjung ke Aceh tidak ada salahnya anda mencoba Kopi Aceh tersebut, anda bisa berkunjung ke tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas.
Back To Top