Senin, 02 Februari 2015

10 Ramuan Alami Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui yang mengalami sakit kepala harus jeli dalam menentukan obatnya. Karena obat yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan berpengaruh ke bayi. Obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang paling aman adalah yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Menyusui

Jika mengalami sakit kepala saat sedang menyusui, anda bisa menyembuhkannya dengan menggunakan obat sakit kepala untuk ibu menyusui berikut ini :

Air Putih

Salah satu penyebab ibu menyusui menderita sakit kepala adalah dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan. Oleh sebab itu, ibu menyusui yang menderita sakit kepala dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak. 
Komponen yang terkandung di dalam air putih akan membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan sakit kepala anda. Biasakanlah minum air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas dalam sehari supaya anda terhindar dari sakit kepala.

Pisang

Obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang paling efektif dan aman adalah dengan memakan pisang. Buah pisang kaya akan kandungan magnesium yang bisa membantu menyembuhkan sakit kepala saat menyusui. Jadi jika ibu mengalami sakit kepala saat menyusui makanlah pisang untuk membantu meredakannya.

Kentang

Sakit kepala yang di alami oleh ibu menyusui bisa disebabkan karena kehilangan elektrolit. Obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang kaya akan kandungan elektrolit jenis kalsium adalah kentang. Anda bisa menikmati kentang dengan cara direbus bersama dengan kulitnya atau bisa juga dengan di bakar. Jangan membuat olahan kentang dengan cara digoreng.

Es Batu

Untuk mengobati sakit kepala saat menyusui, anda bisa lakukan dengan cara menggosok-sosokkan es batu ke bagian kening anda. Es batu akan bertugas sebagai bius alami yang akan membuat mati rasa pada area kepala yang sakit.

Mint

Minuman atau makanan yang mengandung mint akan membantu mengurangi hingga menghilangkan rasa sakit kepala yang anda derita selama masa menyusui. Anda bisa menambahkan daun mint ke dalam satu cangkir teh yang anda minum.

Kopi

Kopi juga bisa digunakan sebagai obat sakit kepala untuk ibu menyusui. Tapi mengkonsumsinya juga dalam jumlah yang tepat. Tidak boleh terlalu berlebihan, karena akan berbahaya bagi kesehatan ibu maupun bayi yang meminum ASI. Anda cukup minum 1 atau 2 cangkir kopi dalam sehari.

Biji Wijen

Kandungan vitamin E yang ada di dalam biji wijen bisa digunakan sebagai obat sakit kepala untuk ibu menyusui. Kandungan vitamin E tersebut akan menstabilkan estrogen yang terdapat di dalam tubuh. Sehingga sangat ampuh mengatasi sakit kepala yang di alami pasa masa menyusui.

Ikan

Jenis ikan yang bisa digunakan sebagai obat sakit kepala untuk ibu menyusui yaitu ikan yang mempunyai kandungan omega 3 di dalamnya. Selain omega 3, ikan tersebut juga harus mempunyai kandungan lemak esensial. Ikan yang mengandung omega 3 dan juga lemak esensial yaitu ikan salmon, ikan tuna dan ikan makarel.

Senam Atau Steching

Sakit kepala yang di alami oleh ibu hamil juga bisa di sebabkan oleh ketegangan otot. Jadi jika anda mengalami sakit kepala, maka lakukanlah senam ringan. Yoga juga bisa digunakan sebagai alternatifnya.

Biji Alpukat

Jika sakit kepala yang anda derita disertai dengan demam, anda bisa membuat obat sakit kepala untuk ibu menyusui dengan cara :
  • Parut 2 biji alpukat
  • Campurkan dengan sedikit air
  • Gunakan untuk mengompres kepala anda
Semoga dengan beberapa resep obat sakit kepala untuk ibu menyusui di atas bisa membantu mengobati sakit kepala anda.
Back To Top