Jumat, 30 Januari 2015

Obat Tradisional Sakit Tenggorokan Paling Ampuh

Sakit tenggorokan merupakan indikasi adanya gejala penyakit saluran pernapasan. Banyak yang menganggap sakit tenggorokan sebagai penyakit yang sepele. Padahal jika didiamkan terlalu lama akan berakibat fatal.

Secara medis, sakit tenggorokan terjadi akibat adanya infeksi bakteri pada tenggorokan. Kondisi tersebut menyebabkan tenggorokan mengalami peradangan, iritasi, batuk, suara serah, gatal serta rasa sakit saat menelan makanan atau minuman.

Obat Tradisional Sakit Tenggorokan

Jika anda menderita sakit tenggorokan, anda bisa menyembuhkannya dengan menggunakan obat tradisional sakit tenggorokan berikut ini :

Obat Tradisional Sakit Tenggorokan dengan Teh Chamomile

Teh chamomile dapat membantu mengurangi atau meredakan rasa sakit di tenggorokan anda. Teh chamomile akan bekerja mengobati peradangan yang terjadi. Gunakan 1 cangkir air mendidih untuk menyeduh 2 kantung Teh chamomile. Anda bisa menambahkan sedikit madu atau gula untuk memberikan rasa manis.

Obat Tradisional Sakit Tenggorokan dengan Teh Jahe

Jahe dimasukkan ke dalam seduhan teh akan memberikan efek hangat di tenggorokan. Kandungan alami yang ada di dalam jahe juga akan membantu membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan. Rebus jahe secukupnya hingga mendidih. Gunakan air rebusan jahe tersebut untu menyeduh teh. Minum teh jahe selagi masih hangat.

Obat Tradisional Sakit Tenggorokan dengan Kunyit + Garam

Kombinasi antara kunyit dan garam akan sangat efektif untuk menyembuhkan sakit tenggorokan anda. Cukup campurkan 1 sendok teh garam dan 200 ml air perasan kunyit. Kemudian gunakan untuk berkumur selama beberapa menit. Lakukan secara rutin minimal sekali dalam sehari.

Obat Tradisional Sakit Tenggorokan dengan Madu + Lemon

Campuran antara madu dan lemon sudah sejak lama dikenal sebagai obat tradisional sakit tenggorokan. Minumlah 1 cangkir air hangat yang telah ditambahkan 1 sendok makan lemon dan juga 1 sendok makan madu asli. Jika tidak ada lemon, anda juga bisa menggunakan air madu saja. Karena madu bersifat antibiotik, sehingga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan akibat terinfeksi oleh kuman dan bakteri.

Obat Tradisional Sakit Tenggorokan dengan Daun Kemangi

Rebus satu genggam daun kemangi yang telah dicuci bersih dengan 1 gelas air. Minumlah air rebusan daun kemangi tersebut setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Atau bisa juga dengan menggunakannya sebagai obat kumur.

Obat Tradisional Sakit Tenggorokan dengan Menghirup Uap Panas

Sakit tenggorokan merupakan penyakit saluran pernapasan. Jadi cara pengobatannya pun bisa dilakukan dengan menggunakan uap air panas. Masukkan air panas ke dalam panci. Hirup uap air tersebut melalui hidung, jangan melalui mulut. Tutup bagian kepala anda menggunakan handuk agar uap airnya tidak menyebar.

Obat Tradisional Sakit Tenggorokan dengan Jus Lemon Tanpa Gula

Peras ½ buah lemon yang sudah matang. Masukkan 2 sendok air perasan lemon tersebut ke dalam 1 gelas air hangat tanpa menambahkan gula atau madu sedikit pun. Minum jus lemon tanpa gula tersebut sebanyak 2 hingga 3 gelas dalam sehari. Minumlah dalam keadaan perut kosong atau 30 hingga 60 menit sebelum anda makan.

Obat Tradisional Sakit Tenggorokan dengan Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang kaya akan manfaat. Bawang putih bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan karena di dalamnya terdapat senyawa allicin. Senyawa tersebutlah yang akan bertugas membasmi bakteri penyebab sakit tenggorokan. Kunyahlah beberapa siung bawang putih kemudian telan.

Obat Tradisional Sakit Tenggorokan dengan Jus Belimbing

Anda bisa mengatasi sakit tenggorokan dengan meminum jus belimbing secara rutin. Belimbing merupakan buah yang mempunyai fungsi sebagai anti-inflamasi (anti peradangan).
Back To Top