Selasa, 25 November 2014

Apa Perbedaan Http dan Https? Berikut Ulasannya!

Bagi sebagian pengguna internet sering kali melihat situs web yang menggunakan http dan https. Setiap link yang ada di browser selalu diikuti oleh http maupun https pada bagian depannya. Dengan demikian, yang menjadi pertanyaan kebanyakan orang pengguna internet adalah apa perbedaan http dan https?

Pada dasarnya http dan https sama-sama merupakan kode bahasa protokol. Berikut ini penjelasan tentang perbedaan http dan https.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Apa Perbedaan Http dan Https

Http merupakan sistem yang digunakan sebagai penerima informasi di internet dan berfungsi sebagai transmisi. Http menjadikan informasi yang ada di internet bisa diakses lebih cepat, akurat dan mudah disebarluaskan antara server yang digunakan sebagai penyimpan informasi dengan Client yang mengakses informasi di internet tersebut.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)

Apa Perbedaan Http dan Https

Https merupakan suatu protokol yang digunakan untuk memberikan definisi terhadap pesan yang akan disampaikan dan di format  sangat aman dari server menuju client.

Dengan demikian http dan http merupakan protokol yang mempunyai pengertian yang sama. Sedangkan Perbedaan http dan https terletak pada sistem keamanannya.

Perbedaan mendasar http dan https

  1. Protokol Https mempunyai sistem  keamanan yang jauh lebih baik jika dibandingan dengan protokol http. Jika ketika anda ingin lebih aman saat mengakses suatu browser, makan gunakanlah protokol https pada awal penulisan alamat situs web yang akan anda tuju.
  2. Apabila anda menggunakan http, maka informasi yang anda kirimkan kepada website atau pihak kedua yang tertera akan menjadi sangat mudah untuk diambil alih oleh pihak lain atau pihak ketiga. Hal inilah yang menjadi perbedaan fungsi http dan https.
  3. Selain itu, perbedaan http dan https juga terletak di penggunakan port default. http akan menggunakan port default dengan angka 80, sedangkan https akan menggunakan port default dengan angka 443. Itu artinya, tingkat keamanan protokol http lebih rendah jika dibandingkan dengan keamanan pada protokol https.
  4. https akan bekerja dengan menggunakan transmisi interaksi yang lebih normal, sedangkan http menggunakan sistem terenkripsi.
  5. Https merupakan protokol yang tidak terpisah, akan tetapi mengacu pada kombinasi dari interaksi http normal melalui Secure atau Socket Layer Terenkripsi SSL. Hal ini akan menghindarkan pengguna protokol https terlindungi dari penyadapan dan serangan, asalkan dilakukan dengan otoritas sertifikasi tang tinggi dan benar dalam melakukan pekerjaan.
  6. Https lebih mengutamakan keamanan komunikasi antara web server dengan browser. Ketika anda mengakses web server dengan menggunakan https, maka halaman yang anda terima sudah dienkripsi terlebih dahulu. Dan semua data informasi yang anda kirimkan kepada server seperti, registrasi, nomor pin, identitas, transfer pembayaran dan lain-lain akan dilakukan enkripsi juga. Sehingga tidak akan ada yang bisa mencuri data-data yang anda kirimkan ketika proses transaksi sedang berlangsung. Transaksi data akan lebih terjaga. Anda bisa menemukan protokol https pada situs-situs e-commerce, perbankan, form registrasi dan lain-lain. 
Itulah beberapa perbedaan http dan https, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat. Terima kasih telah mampir di blog sederhana ini.
Back To Top